Diantara permasalahan wajah yang kerap mengganggu pada pria maupun wanita adalah komedo dan bintik-bintik hitam. Sehingga hal ini kerap mengganggu penampilan dan menyebabkan rasa kurang percaya diri.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir dan mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk perawatan wajah. Sebab ada 6 bahan alami yang terbukti ampuh hilangkan komedo dan bintik hitam dalam 45 menit. Sehingga lebih hemat dan tanpa efek samping. Lalu apa saja 4 bahan alami tersebut ? Simak ulasan berikut ini.

1. Lidah buaya

Lidah buaya bermanfaat untuk menyingkirkan komedo, ruam kulit, memperingan iritasi kulit dan juga mengatasi gigitan serangga. Selain itu, lidah buaya memiliki karakter terapeutik yang bisa mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah.

Lidah buaya kaya dengan nutrisi yang dibutuhkan wajah seperti vitamin, mineral, serta asam amino yang dapat tingkatkan kualitas epidermis kulit menjadi lebih baik.

Kamu cukup membuat masker alami dari lidah buaya, kemudian oleskan pada wajah yang berkomedo dan berbintik hitam. Lalu diamkan selama 30-45 menit. Selanjutnya cuci bersih wajah.

2. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kualitas kulit, selain itu lemon juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Sebab lemon mengandung zat pemutih alami yang dapat membantu menyingkirkan bintik-bintik gelap pada kulit.

Caranya cukup mudah. Cukup dengan memeras lemon kemudian air perasannya sapukan pada wajah yang terdapat bintik-bintik hitam dan komedo menggunakan kapas. Kemudian diamkan beberapa saat lalu basuh wajah dengan air.

Bila kamu memiliki kulit yang sensitif atau rentan iritasi, maka dianjurkan terlebih dahulu untuk menambahkan sedikit air pada perasan air lemon. Kemudian jangan terkena paparan cahaya matahari. Sebab hal ini beresiko memperparah perkembangan bintik-bintik hitam.

3. Air putih

Komedo dan bintik hitam disebabkan karena di dalam tubuh terdapat zat-zat berbahaya yang bebas merusak sel-sel tubuh yang disebut dengan radikal bebas. Bila sel-sel kulit mati ini dibiarkan dan tidak segera digantikan dengan sel-sel baru maka akan menumpuk dipermukaan kulit dan menutupi pori-pori. Oleh sebab itu agar regenerasi sel berjalan cepat dan lancar, maka air putih dapat membantu proses tersebut.

Pasalnya air putih yang cukup bisa membantu tubuh mengeluarkan racun yang mengganggu reproduksi sel. Oleh karena itu jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

4. Putih telur

Untuk menghilangkan komedo dan bintik hitam secara alami, kamu juga bisa memanfaatkan putih telur. Caranya juga lebih mudah dan praktis, yaitu pecahkan sedikit cangkang telur, kemudian keluarkan putih telurnya lalu kocok hingga berbusa. Selanjutnya oleskan putih telur tersebut di area yang berkomedo dan berbintik hitam. Lalu tutup dengan tisu atau kapas, kemudian tunggu hingga kering. Lalu angkat dan lihatlah komedo yang berhasil terangkat.

5. Madu hangat

Penggunaan madu dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cantik. Bahkan salah satu bahan alami yang sangat populer untuk dijadikan masker adalah madu. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi komedi dan menghilangkan bintik hitam.

Caranya cukup mudah, cukup dengan mengambil beberapa sendok madu lalu panaskan dalam wajan. Setelah sedikit hangat dan tidak kental, lalu angkat madu kemudian oleskan pada area wajah yang berkomedo dan berbintik hitam. Kemudian diamkan 20-30 menit, lalu bilas wajah dengan air suhu kamar dan keringkan dengan handuk bersih.

6. Oatmeal

Untuk menghilangkan bintik-bintik coklat, oatmeal termasuk salah satu diantara pengelupas kulit alami terbaik. Untuk pemakaiannya anda perlu menggiling terlebih dahulu oatmeal sekitar 50 gram, kemudian tambahkan 2 sendok air perasan lemon. Kemudian aduk keduanya hingga menyerupai pasta halus. Lalu gosokkan pada kulit wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah kering, bilas menggunakan air hangat.