Bupati Resmikan Launching Desa Wisata Blambangan, Kecamatan Bawang, Banjarnegara

Bupati Resmikan Launching Desa Wisata Blambangan, Kecamatan Bawang, Banjarnegara

Makan durian enak murah dan wareg (kenyang] sambil menikmati udara sejuk tanpa AC di rest area kolam ikan Desa wisata Minakjingga Desa Blambangan Kec. Bawang Kab. Banjarnegara, adalah kerja keras yang sedang dirintis oleh para pengelola Desa Wisata .
Prijo Anggoro, Pj Bupati Banjarnegara mengacungkan jari menunjuk arah pemandangan indah hamparan kaki bukit Banjarmangu dilintasi sungai Serayu yang membegroni tribun tempat launching Desa Wisata Minakjingga. “ secara kasat mata biasa, tapi sambil lihat pe mandangan, udara sejuk tanpa ac, ada batik ada kuliner inilah yang harus dikelola. Mula-mula biasa, lama-lama jadi luar biasa, dari memetik durian sendiri, makan ditempat, lalu mancing ikan.” Kata Prijo Anggoro saat jumpa pers menjawab pertanyaan awak media. Sabtu (12/11)

Gambar 1 : Prijo Anggoro Pj Bupati Banjarnegara menyerahkan SK Desa Wisata kpd Kades Blambangan Haryoto

Gambar 1 : Prijo Anggoro Pj Bupati Banjarnegara menyerahkan SK Desa Wisata kpd Kades Blambangan Haryoto

Kepada awak media Prijo berpesan agar mau memblauw up potensi yang ada di desa Blambangan sehingga timbul istilah “adoho kae nek seneng tetep digoleti, dadi ora mung jere (meskipun jauh kalau suka pasti dicari, tidak hanya katanya) banyak cara untuk mengangkat potensi wisata disini”.

Bupati menjelaskan niatnya akan memasang ciri-ciri khas di setiap hotel di Banjarnegara yang menggambarkan potensi wisata di Banjarnegara, termasuk potensi yang ada di Blambangan.

Gambar 2 : Pukul kentongan tandai launching desa wisata

Gambar 2 : Pukul kentongan tandai launching desa wisata

Desa Blambangan memiliki potensi yang layak jual yakni tanaman durian montong yang daging buahnya tebal rasa khas dan bijinya kecil, kini setiap warga yang memiliki lahan pasti di tanami pohon durian montong. Hamparan kolam ikan juga bertebaran di mana-mana, terlebih di lokasi tempat launching, terdapat kolam pemancingan yang rencananya akan dijadikan rest area wisata kuliner berlatar belakang hamparan kolam dengan begroun pemandangan kaki bukit Banjarmangu dilintasi sungai serayu. Diramaikan para pedagang batik tulis khas Blambangan, pepes ikan khas dan makanan ringan hasil olahan UKM.

Satu lagi unggulan wisata milik Blambangan yang sudah lebih dulu melesat kondang diseluruh negeri yang sudah menyedot wisata dari berbagai kota besar macam Jakarta dan kota-kota lain adalah wisata air tubing “Curug River Tubing Adventure” merupakan sensasi petualangan alam sungai blimbing dengan pelampung ban truk sungguh sangat mengasikkan dan menegangkan.

Gambar 2 : Curug River Tubing Adventure

Gambar 3 : Curug River Tubing Adventure

Jika rintisan desa wisata berjalan sukses maka tak ayal lagi desa Blambangan menjadi jalur wisata yang layak disinggahi wisatawan, karena selain Banjarnegara banyak tempat wisata yang lain, juga letak geografis Blambangan adalah bagian rute jalur wisata dari Jakarta dan Jawa Barat menuju Dieng wisata. Lokasi pusat wisata kuliner dan rest area Blambangan ada pada jalan tembus menuju ke Dieng dan Pekalongan.

Pesta tumpeng hasil olahan warga seluruh RT se Desa blambangan di koordinir Ibu-ibu PKK

Gambar 4 : Pesta tumpeng hasil olahan warga seluruh RT se Desa blambangan di koordinir Ibu-ibu PKK

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto saat launching menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) agar mengalokasikan ADD untuk pengembangan Desa Wisata. (**Teguh)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *