PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE

imron 

ABSTRAK

      Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah alat peraga picture and picture dapat meningkatkan motivasi keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA materi pokok Menggolongan Hewan Berdasarkan jenis Makanannya. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari : 1) Perencanaan  2) Pelaksanan  3) Observasi  4) Refleksi. Masing-masing siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Observasi dan Tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tindakan  menggunakan model picture and picture pada studi awal diperoleh siswa yang aktif (26,93%), Pada siklus 1 siswa yang aktif ( 42,30% ) Pada siklus II siswa yang aktif dan tuntas ( 84,61%), menjadi meningkat. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan model picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar  siswa pada materi pokok Mengggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas IV SD Negeri Kuripan 03 Tahun pelajaran 2013/2014.

Kata Kunci : Keaktifan siswa,hasil belajar dan model  picture and picture


PENDAHULUAN

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai salah satu mata pelajaran di Sekolah Dasar memiliki karakteristik objek yang bersifat kongkret. Namun demikian,siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari IPA. Untuk bisa memahami objek yang kongkret diperlukan keaktifan dan kreativitas yang tinggi dari siswa. Karena itu pembelajaran harus diarahkan untuk membangkitkan keaktifan dan kreativitas tersebut. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan kegiatan belajar secara aktif.

Namun, berdasarkan data empirik bahwa hasil belajar dan ketrampilan siswa kelas IV SD Negeri Kuripan 03 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap tentang materi penggolongan hewan berdasar jenis makanannya masih kurang. Hasil yang  diperoleh kelas IV semester II SD Negeri Kuripan 03 Kesugihan adalah hanya 15 siswa atau 45% yang mencapai tingkat penguasaan materi 65% ke atas. Oleh karena itu, penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan  siswa tentang pembelajaran materi penggolongan hewan berdasar jenis makanannya. Upaya itu akan mengggunakan model picture and picture.

Beberapa kondisi pembelajaran yang menjadi penyebab kurangnya hasil belajar IPA kelas IV  SD Negeri Kuripan 03 adalah :

  1. Kurangnya Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran

Hal ini bisa diketahui dari kurangnya siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru (rata-rata 5 siswa) setiap kali pertanyaan disampaikan. Banyaknya siswa yang selesai tepat waktu dalam menyelesaikan soal latihan, rata-rata hanya 9 siswa. Sedangkan siswa yang aktif bertanya tentang materi pembelajaran hanya siswa tertentu saja (4 orang).

  1. Pembelajaran Berpusat pada Guru

Selama ini pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SD Negeri Kuripan 03 bersifat guru sentris. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA kelas IV banyak menggunakan metode yang membuat guru mendominasi pembelajaran. Metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab, yang digunakan guru menyebabkan siswa pasif.

            Dengan adanya 5 orang siswa yang selalu bernilai ≥ 85, pada setiap ulangan harian pada semester II dan pada saat mengerjakan soal-soal latihan, maka tutor sebaya dapat dilaksanakan. Kelima siswa tersebut bisa diberi kepercayaan sebagai tutor bagi teman-teman yang membutuhkan bantuannya. Dengan demikian hasil belajar ilmu pengetahuan alam akan meningkat karena kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dapat terpecahkan bersama.

              Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan masalah

sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2013/2014 SD Negeri Kuripan 03 ?
  2. Seberapa banyak peningkatan materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture pada siswa kelas IV semester II tahun pajaran 2013/2014 SD Negeri Kuripan 03?

Untuk dapat menjawab permasalahan yang dihadapi, maka alternatif tindakan yang dapat dilakukan adalah pembelajaran dengan model picture and picture, baik dilakukan di sekolah maupun di luar jam pembelajaran (di rumah).                                                                                     

TINJAUAN  PUSTAKA

Menurut Sardiman (1986: 23) memberikan batasan pengertian belajar, yaitu (1) belajar adalah sebagai rangkaian kegiatan jiwa raga untuk menuju perkembangan pribadi manusia  seutuhnya,  yang  berarti  menyangkut  unsur cipta rasa dan karsa, ranah kognitif, dan psikomotor, dan (2) belajar dikatakan juga sebagai proses interaksi antara diri manusia dengan lingkungannya yang mungkin berwujud pribadi, fakta, konsep atau teori.

Berdasarkan pengertian di atas Belajar merupakan proses psikologi yang terjadi dalam diri seseorang yang sangat kompleks dan sukar diketahui. Terjadinya perubahan pada diri seseorang tidak hanya mengetahui pengetahuan saja, akan tetapi mengenai berbagai kecakapan sikap pengertian, minat, dan penyesuaian diri.

Pengertian hasil belajar erat kaitannya dengan perubahan tingkah laku seseorang setelah dilakukan proses belajar mengajar. Hasil belajar IPA selalu menunjukkan kepada suatu proses perubahan tingkah laku atau pribadi seseorang, dengan berdasarkan pada praktik atau pengalaman tertentu. Perubahan tingkah laku yang dimaksud adalah menyeluruh. Slameto (1995: 2) mengemukakan bahwa “hasil belajar adalah hasil dari suatu proses usaha yang dilakukan untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.”

Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami dengan jelas bahwa hasil belajar merupakan suatu hasil perbuatan yang dicapai oleh individu atau siswa setelah melaksanakan proses belajar mengajar.

KERANGKA BERPIKIR

Pembelajaran dengan metode picture and picture akan mengaktifkan siswa, baik guru sebagai tutor maupun siswa yang diberi bantuan. Sebagai tutor, guru aktif membimbing siswa yang membutuhkannya. Siswa yang menjadi sasaran bimbingan juga aktif mengikuti bimbingan dan mempelajari materi.

Kerangka berfikir dalam penelitian ini dapat digambarkan dengan bagan sebagai berikut:
imron

Gambar 2.1 Jaring – jaring Kerangka Berpikir

HASIL PENELITIAN

             Apabila dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya, Alternatif pemecahan masalah untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi penggolongan hewan berdasar jenis makanannya dengan menggunakan model picture and picture pada pelajaran IPA  di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kuripan 03, ternyata memberikan kenaikan hasil belajar.

             Penggunaan model picture and picture mampu menghadirkan pengalaman belajar siswa yang melibatkan tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik sehingga menghasilkan korelasi yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Tabel 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Hasil Belajar Secara Klasikal

No Deskripsi Persiklus Jumlah Siswa yang Tuntas Jumlah Siswa yang Belum Tuntas
1 Studi Awal 7Siswa (26,93%) 19 Siswa (73,07%)
2 Siklus I 11Siswa (42,35%) 15 Siswa (57,69%)
3 Siklus II 22Siswa (84,61%) 4 Siswa (15,38%)

Rekapitulasi peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal dapat digambarkan pada diagram berikut ini :

imrona

Diagram 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Secara Klasikal

 

Dari tabel 4.8 di atas dapat dilihat pada studi awal yang aktif dan tuntas belajar (26,93%) sedangkan (73.07%) tidak aktif dan belum tuntas belajar, yang aktif dan tuntas belajar pada siklus I (42,30%) sedangkan (57,69%) tidak aktif dan belum tuntas belajar, dan yang aktif dan tuntas belajar pada siklus II (84,61%) sedangkan (15,38%) tidak aktif dan belum tuntas belajar

SIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

  1. Penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok menggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, yang dibuktikan dengan meningkatnya partisipasi siswa, pada studi awal (38,46%) siswa yang aktif, siklus I meningkat (53,84%), dan pada siklus II meningkat menjadi (88,46%).
  2. Penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi menggolongkan hewan berdasar jenis makanannya di SD Negeri Kuripan 03 yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa, pada tabel ketuntasan belajar pada studi awal (26,92%) yang tuntas belajar, meningkat pada siklus I (42,30%) siswa, dan pada siklus II meningkat (84,61%) yang tuntas belajar.

 

DAFTAR PUSTAKA

Sardiman A.M. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.  Jakarta: Rajawali Pers

Slameto. 1995.  Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi revisi.

BIODATA

Nama                : Imron, S.Pd

NIP                    : 19620525 198304 1 009

Pangkat/Gol    : IV / A

Jabatan             : Guru SD

Unit Kerja        : SD Negeri Kuripan 03 Kesugihan Cilacap




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *